Kelas : 3EA36
NPM : 13216177
PERAN KOPERASI DALAM PERSAINGAN MONOPOLISTIK
Dalam pasar persaingan monopolistik, koperasi punya peluang untuk bersaing
dalam harga dan produk. Hal ini dapat terjadi karena dalam pasar persaingan
monopolistik setiap penjual bisa menentukan harga, serta dimungkinkan adanya
diferensiasi produk dalam hal kualitas, iklan, lokasi, pengepakan dan lain-lain. Dalam
persaingan produk, setiap penjual mencoba membuat produknya berbeda sedikit
dibandingkan barang buatan perusahaan lain.
Ciri - ciri koperasi dalam persaingan pasar monopolistik :
- Banyak penjual atau pengusaha dari suatu produk yang beragam
- Produk yang hasilkan tidak homogen
- Ada produk substitusinya
- Keluar atau masuk ke industri relatif kecil
- Harga produk tidak sama semua di pasar, tapi berbeda-beda sesuai keinginan penjualnya
Berkaitan dengan struktur pasar yang bersifat monopolistik, kiranya menjadi
tantangan bagi koperasi untuk terus mengembangkan diri melalui inovasi yang
berkelanjutan, baik inovasi pada produk (desain), cara produksi, sistem bisnis,
advertensi, pemasaran, penetrasi pasar, pelayanan. Dalam hal ini penelitian dan
pengembangan serta riset pasar memegang peranan yang sangat penting agar koperasi
dapat mempertahankan daya saing.
Gambar
Kelangsungan hidup koperasi jangka panjang pada saat pasar persaingan monopolistik



Tidak ada komentar:
Posting Komentar